[There are no radio stations in the database]

Cegah Covid-19, Warga Indramayu Siap-Siap Divaksin

Written by on 6 January 2021

INDRAMAYU – Masyarakat Indramayu nampaknya segera bersiap-siap akan menjadi sasaran program vaksinasi Virus Corona Desease (Covid-19) pada pertengahan Bulan Januari tahun ini.

Kepastian ini muncul setelah Pemerintah pusat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 secara virtual yang diikuti Asisten Daerah Administrasi (Asda 3) Setda Kabupaten Indramayu Ir. Suwenda, Kepala Bidang P2P Dinkes kabupaten Indramayu dr. H. Wawan Ridwan, Kepala Pelaksana BPBD Indramayu Dodi, serta Kepala Bidang IKP Diskominfo Kabupaten Indramayu Dedy Suprayogi, melalui video conference (zoom) di Indramayu Command Centre (ICC), Selasa (5/1/2021).

Mengutip Wakil Menteri Kesehatan, Dante S. Harubuwono, Suwenda Asmita mengatakan, pemerintah menargetkan sasaran program vaksinasi berjumlah 181,5 juta orang yang terdiri dari kelompok sasaran berusia lebih dari 18 tahun berdasarkan SAGE Roadmap.Pemberian vaksin rencananya dilakukan bertahap.

Tahap pertama untuk Petugas kesehatan dan pendukung di fasilitas pelayanan kesehatan seluruh Indonesia termasuk petugas tracing. Tahap kedua, Pelayan publik seperti TNI, Polri, Satpol PP, aparat hukum, guru, tokoh masyarakat/tokoh agama, pelaku ekonomi seperti pedagang pasar, petugas pariwisata, dan lain-lain termasuk lansia.

Tahap ketiga dan keempat, masyarakat rentan secara geospasial, sosial dan ekonomi Tahap 4 Masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya.

Sementara untuk kelompok sasaran berusia lebih dari 60 tahun, menurut Suwenda, masih menunggu data dukung keamanan yang memadai dan disetujui oleh BPOM pusat.

Suwenda menambahkan, sesuai rencana pemerintah pusat proses vaksinasi akan dilakukan pada pertengahan Januari 2021. Dengan begitu harapan pemerintah selama proses vaksinasi bisa meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksinasi gratis secara bertahap nanti.

Sementara itu Kepala Diskominfo Indramayu Aan Hendrajana melalui Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dedy Suprayogi menjelaskan, untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam penyuntikan vaksinasi Covid-19, pemerintah pusat akan menyiarkannya secara langsung kepada masyarakat saat pemberian vaksinasi secara serentak se-Indonesia.

Dedy memperkirakan, pelaksanaan pemberian vaksin secara massal itu kemungkinan akan dilakukan di pertengahan bulan ini.

Dedy menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi, pemerintah daerah memberi dukungan seperti penyediaan tenaga kesehatan, tempat vaksinasi, logistik/transportasi, gudang dan alat penyimpanan vaksin trrmasuk buffer persediaan/stock packing, keamanan, serta sosialisasi dan penggerakan masyarakat.

Dedy juga menyebut, pemerintah daerah melakukan pemantauan dan penanggulangan kejadian ikutan pasca vaksinasi Covid-19 bersama Kememkes dan BPOM. (M.Toyib/Diskominfo Indramayu)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.