Pingin Baju Batik Terlihat Selalu Baru? Rawat Dengan Cara Ini Ladies

Siapa sih yang nggak kenal sama baju batik. Sebagai baju khas Indonesia dan bahkan telah diakui oleh dunia bahwa batik adalah warisan budaya asli Indonesia, bisa dipastikan hampir semua orang Indonesia tahu akan baju batik. Tak hanya tahu, bisa dipastikan, hampir semua warga Indonesia juga memiliki baju batik. Yap, pesona batik memang luar biasa mengagumkan. Biasanya, kita memakai baju batik saat ada acara-acara formal, acara khusus atau kerja.

Seperti yang kita tahu, semakin sering baju batik dikenakan, ia pun akan semakin mudah lusuh, kotor dan warnanya juga pudar. Lantas, bagaimana caranya agar baju batik tidak mudah lusuh dan terlihat seperti selalu baru? Dari pengalaman saya sendiri dan beberapa sumber yang saya baca, ada beberapa cara khusus merawat batik agar ia bisa terlihat selalu baru. Cara merawat tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Mencuci

    Saat mencuci baju batik, pastikan untuk mencuci terpisah dari baju-baju lainnya. Bila perlu, gunakan sabun khusus untuk mencuci baju batik. Dengan cara mencuci ini, baju batik pun akan terlihat selalu baru dan tak mudah lusuh, kotor ataupun luntur

  • Mengeringkan

    Jika sudah dicuci dengan bersih, keringkan di tempat yang tak terkena sinar matahari langsung. Kamu bisa mengeringkan batik dengan diangin-anginkan. Hindari juga mengeringkan baju batik di dalam mesin pencuci ya. Mencuci dan mengeringkan baju batik di mesin cuci justru akan membuat baju batik cepat rusak.

  • Menyetrika

    Kalau sudah kering dan hendak disetrika, usahakan untuk menyetrikanya dengan cara yang benar. Jangan menyetrika secara langsung karena hal ini bisa bikin warna batik pudar. Semprot kain batik dengan air lalu letakkan kain di atasnya. Setelah itu, kamu bisa menyetrikanya. Hal ini akan membuat batik kamu tidak lusuh dan warnanya pun tak mudah pudar.

  • Memakai Parfum Pada Baju Batik

    Agar batik tidak mudah lusuh dan warnanya pudar, hindari menyemprotkan parfum secara langsung ke baju batik kamu. Jika memang ingin memakai parfum, gunakan di badan. Selain wangi batik akan tahan lama, menyemprotkan parfum di badan akan membuat baju batik dan baju kamu yang lain terlihat seperti baru.

  • Menyimpan Baju Batik

    Simpan batik di tempat yang kering dan bersih. Lipat atau gantung dengan rapi bersama baju yang lain. Hindari menyimpan baju batik di tempat yang lembab apalagi basah. Bila perlu, simpan batik di wadah plastik khusus untuk menyimpan baju.

Ladies, itulah cara merawat baju batik yang bisa kamu lakukan di rumah. Bagaimana sangat mudah bukan? Memang sih, agak ribet dan butuh kesabaran ekstra untuk merawat baju batik. Namun, ketika kamu melakukannya dengan baik, kamu akan mendapatkan baju batik yang terlihat selalu baru meski telah dipakai berulang kali.

 

Sumber : vemale.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *