Diet Sehat Demi Hidup Lebih Baik

Mendapat tubuh yang sehat bukan perkara mudah, apalagi bagi Anda yang bermimpi mempunyai fisik yang lebih baik. Berbagai cara telah Anda lakukan mulai dari diet keras yang mengurangi porsi makan Anda, hingga pergi ke gym namun semuanya tanpa hasil. Faktanya adalah, untuk mendapat tubuh dan fisik yang sehat, Anda perlu merubah gaya hidup secara keseluruhan. Namun bukan berarti semuanya sulit untuk dilakukan, selain berolahraga, simak 7 tips simpel berikut ini untuk mendapat tubuh yang lebih sehat.
1. Jangan pernah melupakan sarapan. Makanlah dua jam setelah Anda bangun pagi

Faktanya, Anda seharusnya lebih banyak makan pada saat sarapan. Tukar atau alihkan sebagian jatah kalori Anda untuk makan malam dengan menumpuk lebih banyak asupan kalori pada saat makan pagi atau siang. Jika Anda tipe pemakan nasi, lebih baik anda mengkonsumsi nasi pada pagi dan siang hari ketimbang malam hari. Pada dasarnya karbohidrat sangat diperlukan badan kita, karena karbohidrat merupakan salah satu sumber energi yang ddibutuhkan badan. Namun jika anda mengkonsumsi karbohdirat namun tidak banyak beraktivitas setelahnya seperti pada malam hari, disitulah penimbunan lemak akan terjadi. Maka lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori pada pagi hari ketimbang malam. Hindari sarapa pagi seadanya, karena dengan begitu kemungkinan besar Anda akan mencari cemilan-cemilan yang tidak sehat.
2. Jangan biarkan diri Anda merasa lapar

Makanlah setidaknya setiap empat jam. Supaya jatah kalori untuk sehari penuh tetap terjaga, cobalah untuk membagi porsi makan. Bagi jatah makanan untuk memastikan Anda benar-benar mendapat bahan bakar sebelum dan setelah beraktivitas. Disinilah letak kesalahan terbesar dalam semua orang saat melakukan diet, terutama bagi mereka yang melakukan diet untuk mengurangi berat badan. Biasanya Anda akan berpikiran untuk mengurangi makanan Anda dalam sehari secara radikal dengan anggapan semakin sedikit makanan masuk ke tubuh anda, semakin cepat berat badan anda akan turun. Namun dengan cara diet seperti itu, justru berat badan Anda akan lama untuk turun karena metabolisme badan Anda tidak akan bekerja dengan baik.

Cara yang benar adalah konsumsi makanan setidaknya empat jam sekali, namun jaga jenis makanan yang Anda konsumsi, sebaga contoh, saat anda sarapan, makanlah cereal gandum dan buah, saat makan siang, makanlah nasi dengan porsi yang lebih kecil dari biasanya ditambah dengan lauk yang rendah lemak, empat jam setelahnya, makanlah buah favorit anda untuk mengganjal perut anda sebelum jam makan malam, dan terakhir makan malam dengan porsi yang kecil dan bebas lemak, jika anda perlu beraktifitas hingga malam, makanlah buah-buahan jika anda merasa lapar. Dengan cara itu, justru metabolisme badan Anda akan bekerja dengan baik namun anda mengurangi kalori yang tidak diperlukan badan Anda.
3. Konsumsilah sedikitnya tiga dari empat kategori makanan pada setiap kali Anda makan

Empat jenis makanan tersebut adalah roti, sereal, gandum merupakan kategori pertama. Lalu kategori kedua adalah buah dan sayuran. Ketiga adalah susu rendah lemak dan kedelai, dan keempat adalah daging rendah lemak, ikan dan kacang. Karbohidrat seperti roti, sereal dan gandum merupakan pondasi dari setiap makanan Anda, sedangkan protein sebagai pelengkapnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, tubuh Anda akan tetap terjaga walau porsi yang dikonsumsi lebih sedikit. Gizi yang tepat sangat berguna bagi tubuh Anda agar tetap fit dan dapat menurunkan berat badan Anda ke berat yang ideal.
4. Kalori dalam bentuk cairan dapat meningkatkan dan menyebabkan penambahan berat dengan cepat

Kurangi kebiasaan mengonsumi minuman kalori tinggi seperti softdrink atau soda, minuman olahraga, kopi atau alkohol. Ya catat jenis-jenis minuman yang baru saja saya sebutkan, hindarilah minuman-minuman tersebut! Memang sulit, apalagi bagi Anda yang selalu minum kopi di pagi hari, tapi ingat ini semua hanya masalah kebiasaan saja, lagipula selain berkalori tinggi, kopi juga cukup berbahaya bagi lambung anda, jika memang kebiasaan mengopi sulit untuk anda tinggalkan, cobalah secara bertahap, konsumsi kopi hanya di pagi hari, dan cukup satu kali dalam satu hari. Selain kopi tentu Anda sudah tau jenis-jenis softdrink dan soda sangat berbahaya bagi tubuh, kadar gula yang ada di minuman manis bersoda luar biasa tinggi! Untuk alkohol, minuman ini juga memiliki kalori yang sangat tinggi, bagi Anda yang suka minum minuman beralkohol, coba tengok perut Anda, pasti buncit bukan? Ya, alkohol mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kebuncitan Anda sekarang.
5. Mulailah untuk menyukai makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh (whole grain)

Kurangi kebiasaan makanan olahan karena biasanya lebih rendah jumlah serat dan tidak mengenyangkan. Doyan ngemil? Tidak masalah, tapi Gantilah dengan buah-buahan, sayuran, dan makanan berbasis gandum. Buah, sayur, dan gandum sangat berguna bagi tubuh Anda. Kadar serat yang sangat tinggi akan membuat metabolisme dan pencernaan Anda menjadi lebih baik. Gantilah gorengan, kripik kentang, dan makanan tidak sehat lainnya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang disukai. Selain kadar serat yang tinggi, ketiga jenis makanan diatas juga mempunyai berbagai vitamin yang tentunya akan sangat berguna bagi Anda. Tidak menggemukan, kadar serat yang tinggi, dan kaya akan vitamin, what else do you want?
6. Jauhi fast food!

Inilah menu terjahat yang ada. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak, berbagai jenis burger dengan rasa yang sangat jauh dari rasa daging sapi sebenarnya, nuggets yang tidak lagi menyerupai daging ayam, dan ditutup dengan minuman bersoda dengan kadar gula yang super tinggi. Wow, inilah menu yang sangat mengerikan, apalagi jika anda memesannya pada tengah malam, haha! Makanan junk food dipenuhi dengan lemak yang sangat tidak berguna bagi tubuh Anda, lemak-lemak pada makanan seperti ini dikategorikan sebagai lemak jahat, artinya lemak jahat atau lemak jenuh tidak dapat diproses tubuh Anda, maka mereka hanya akkan menggumpal di tubuh Anda dan berpotensi mempengaruhi ginjal hingga jantung Anda. Berhati-hatilah dengan junk food, memang enak untuk dimakan, ditambah lagi dengan fasilitas layanan 24 jam yang ditawakan rumah makan fast food yang memang praktis bagi Anda yang memiliki hari-hari sibuk.
7. Usahakan banyak bergerak

Mungkin olah raga bukan atau tidak mungkin menjadi aktivitas yang rutin Anda lakukan. Walau kita tahu betapa pentingnya berolah raga, dan bahkan banyak diantara Anda yang menyukai olah raga, kadang tinggal di Indonesia terutama di Jakarta membuat berolah raga menjadi satu aktivitas yang sulit untuk dilakukan. Mungkin karena jarak ke gym atau tempat futsal yang cukup jauh dan memakan waktu dan berbagai alasan lainnya. Memang kenyataannya kadang kita tidak mempunyai waktu untuk berolah raga, namun carilah kesempatan untuk bergerak dari tempat duduk Anda sehari-hari, entah itu di kantor, kampus, sekolah, bahkan dirumah. Cobalah berjalan 20-30 menit pada waktu makan siang, atau kegiatan lain yang simple namun pastikan anda sedikit melakukan pergerakan di hari Anda, bukan hanya duduk menyetir mobil, duduk di kantor atau di kampus, makan, dan kembali kerumah, kemudian tidur. Biasakan melakukan banyak pergerakan di hari-hari Anda walupun hanya sedikit.


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *