KemenpanRB: Banyak anak pejabat daftar CPNS

MERDEKA.COM. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenpanRB) menegaskan siapa saja Warga Negara Indonesia berhak untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Proses rekrutmennya dijamin transparan alias terbebas dari Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN).

Sekretaris KemenpanRB Tasdik Kinanto mengakui banyak anak pejabat negara yang mendaftar jadi CPNS. Namun, ditegaskannya, pihak penyelenggara tetap berlaku transparan dan tak memadang latar belakang pendaftar CPNS tersebut.

“Itu menantunya MenpanRB daftar CPNS di Aceh tidak lolos, ya tidak lolos,” ujarnya saat launching simulasi CAT online dan mengikuti simulasi tes CPNS, Jakarta, Rabu (20/8).

Dengan kata lain, Tasdik menegaskan, tak ada jaminan pendaftar CPNS yang memiliki hubungan dengan pejabat negara bisa lulus. Sistem seleksi CPNS terkomputerisasi menjamin transparansi.

“Tidak lulus ya tidak lulus, siapapun boleh dikasih kesempatan. Sistem seleksi yang bekerja komputer tidak ada face to face,” jelas dia.

Menurutnya, pemerintah memiliki alasan untuk melaksanakan seleksi CPNS secara online. Itu tak terlepas dari kerja besar pemerintah menyelesaikan reformasi birokasi secara nasional.

“Jadi seleksi titik saja dari pekerjaan besar pemerintah melakukan perubahan mendasar aspek manajemen SDM aparatur ini, terkait rekruitmen PNS,” ungkapnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *