Cara Merawat Baju Hitam & Putih Agar Terlihat Seperti Baru

Wolipop.com – Paduan warna hitam dan putih nampaknya ada di setiap lemari pakaian. Namun jika sudah lama dikenakan, kedua warna netral ini bisa memudar. Misalnya baju putih yang berubah jadi kekuningan atau warna hitam yang tampak lusuh. Untuk merawat kedua warna tersebut tetap tampil baru, beberapa tips dari eHow berikut bisa Anda praktekkan.

Merawat Baju Putih:

1. Baju putih sangat rentan terkena lunturan baju warna lainnya. Untuk itu, pastikan Anda memisahkannya dengan baju berwarna sebelum proses mencuci. Setelahnya, rendam baju tersebut di dalam air hangat.

2. Air kran juga bisa memengaruhi lunturnya warna putih baju Anda. Agar baju putih tidak menguning, tambahkan setengah cup cuka ke dalam mesin cuci sebelum Anda memasukkan baju.

3. Cairan pemutih memang bagus untuk menghilangkan noda, namun juga bisa membuat baju kuning jika terus digunakan. Untuk meminimalisirnya, ganti pemutih dengan baking soda. Cobalah menggunakan setengah cup baking soda untuk campuran deterjen Anda, dibanding cairan pemutih.

4. Kebersihan mesin cuci juga perlu diperhatikan. Kotoran-kotoran yang tertinggal dari cucian sebelumnya bisa membuat baju pudar. Ada cara mudah untuk membersihkannya, yaitu isi mesin dengan air seperti ingin mencuci baju biasanya. Tambahkan satu cup cairan pemutih ke dalam air dan nyalakan pengatur waktu untuk beberapa menit, sampai cairan membersihkan bagian dalam mesin cuci.

5. Perhatikan material baju hitam Anda. Semakin rendah kualitasnya, kain hitam akan lebih cepat memudar. Sebaiknya, baju hitam juga tidak boleh terlalu sering dicuci untuk menjaga warnanya tetap pekat.

2. Pisahkan pakaian warna gelap dan cerah saat proses mencuci. Tak hanya warna gelap bisa memengaruhi warna cerah, tapi juga sebaliknya. Serat-serat pakaian warna cerah lebih mudah menempel di warna hitam, sehingga akan terlihat memudar jika sering dilakukan.

6. Cuci baju hitam baru Anda dengan campuran 1 cup cuka dan 4 ember air sebelum mencucinya. Cuka memiliki khasiat untuk membuat warna tetap terjaga.

7. Saat mencuci kain hitam, disarankan untuk menggunakan air dingin. Sebab, air hangat ataupun panas akan membuat warna cepat pudar. Selain itu, pemakaian sabun yang terlalu banyak juga tidak disarankan. Kandungan sulfur dalam deterjen, memiliki efek yang keras bagi pakaian Anda. Sebisa mungkin, cuci baju hitam dengan tangan dibanding mesin agar warna tetap terjaga.

8. Untuk proses pengeringan, sebaiknya keringkan dengan mesin pengering dan hindari menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari. Pengaruh sinar matahari yang kuat dapat membuat baju berwarna Anda jadi cepat pudar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *