Lima Jembatan Besar Rusak

INDRAMAYU – Lima jembatan di Kabupaten Indramayu rusak akibat banjir sekitar dua pekan lalu. Kepala Dinas Bina Marga Indramayu Omarsyah ST melalui Kepala Bidang Jembatan H Sutiono mengatakan, selain telah merusak jalan, banjir juga mengakibatkan kerusakan di sejumlah jembatan.
“Akibat curah hujan tinggi, debit air sungai meningkat dan arus air mengalir deras. Dampaknya telah menggerus tidak saja badan tanggul, namun juga menggerus buk dan pondasi jembatan hingga ambruk dan terputus,” kata Sutiono didampingi Kasi Jembatan Desa Koko Teja S.
Sutiono menjelaskan, kelima jembatan yang rusak itu adalah jembatan Rahayu di ruas jalan Margamulya–Nyamplung dan jembatan Desa Blok Gupit di ruas jalan Desa Plawangan Kecamatan Bongas.
Kemudian jembatan Cipancuh Haurgeulis di ruas jalan Cipancuh–Sidamulya, jembatan Pertamina yang menghubungkan ruas jalan Pejaten–Temiyang Kecamatan Kroya, dan jembatan Desa Blok Grompol di ruas jalan Segeran Kidul–Jatigentong Kecamatan Juntinyuat.
“Tingkat kerusakan jembatan itu bervariasi, dari yang berat hingga ringan,” tandas Sutiono.
Di jembatan Rahayu, tangan-tangan jembatan ambruk, konstruksi bagian tengah amblas ditambah opritan tergerus. Sementara jembatan Desa Blok Gupit, jembatan terputus karena abutment tergerus. Jembatan Cipancuh rusak pada bagian pondasi dan buk sebelah kiri ambruk, opritan dan TPT jembatan Pertamina tergerus dan amblas serta jembatan Blok Grompol yang rusak adalah buk dan pondasinya ambruk.
Panjang dan lebar jembatan yang rusak itu, menurut Sutiono tergantung pada besar dan kecilnya sungai pengalapan atau pembuang yang dibentangi jembatan. Contohnya jembatan Rahayu yang membentang di atas sungai Beji, mencapai 30 meter panjang x 6 meter lebar.
Panjang jembatan Desa Blok Gupit Kecamatan Bongas yang membentang pada sungai Beji ukuran panjang dan lebarnya adalah 24 meter x 2 meter. Sementara panjang dan lebar jembatan Cipancuh yang membentang di sungai Cipancuh Kecamatan Haurgeulis yakni 23,5 meter x 5,5 meter. “Kerugian karena rusaknya lima jembatan itu diperkirakan mencapai Rp1,8 miliar,” ujarnya.
Lima jembatan itu rencananya akan diperbaiki pada tahun anggaran 2014 ini. Namun, kata Sutiono, karena diantara kelima jembatan itu masih ada yang bisa dilalui maka untuk menjaga keselamatan pengguna jalan pihaknya akan memasang rambu-rambu lalu lintas hingga perbaikan jembatan itu tuntas. (oet/kom)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *