[There are no radio stations in the database]

Penglihatan Kabur? Waspadai 3 Kelainan Mata yang Mengintaimu

Written by on 5 October 2015

Penglihatan tiba-tiba kabur? Ketajaman matamu sering berkurang dan mengalami masalah? Kalau hal ini sering terjadi, waspadai kelainan mata atau penyakit mata yang mengintaimu.

Penglihatan kabur (blurred vision) bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata kita sekaligus. Dikutip dari laman thehealthsite.com, salah satu faktor penyebab pandangan mata kabur adalah penggunaan gadget yang berlebihan. Menatap komputer terlalu lama misalnya, bisa menjadi penyebab pandangan mata kita jadi kabur atau hilang fokus. Tapi kalau gejala penglihatan kabur ini terus terjadi dalam periode waktu yang lama, hm… hati-hati dengan tiga kelainan mata yang mengintaimu ini.

  • Mata Minus (Miopi)

    Miopi atau rabun jauh (mata minus) merupakan suatu kondisi di mana kita bisa melihat benda dekat dengan jelas, tapi penglihatan bisa kabur saat melihat benda yang jauh. Kondisi ini biasanya dapat didiagnosis ketika seseorang berusia 8-12 tahun. Menatap layar komputer berjam-jam atau membaca dengan cara yang salah bisa jadi faktor penyebab mata minus. Mata minus ini bisa ditangani dengan penggunaan kontak lensa atau kacamata, bisa juga dengan bedah refraktif

  • Katarak

    Katarak adalah kondisi di mana lensa mata yang tadinya bening jadi keruh. Kelainan mata ini terjadi secara perlahan-lahan, sehingga gejala awalnya sulit dikenali. Salah satu gejalanya adalah pandangan mata yang kabur. Selain itu, penderita juga akan merasa terlalu peka degan cahaya dan melihat ada halo di sumber cahaya, selain itu penderita juga bisa melihat sesuatu jadi terlihat dobel. Untuk menyembuhkannya, operasi adalah jalan keluar terbaiknya.

  • Glaukoma

    Apa itu glaukoma? Glaukoma adalah penyakit mata yang berpotensi membutakan di mana ada kerusakan bertahap pada serabut saraf dari saraf optik. Salah satu jenis penyakit glaukoma yang paling umum yang menyebabkan pandangan mata kabur adalah glaukoma sudut tertutup akut (penderita akan kehilangan penglihatan dari sudut matanya lalu lama kelamaan akan kehilangan kemampuan untuk melihat). Gejala lain dari penyakit ini adalah mata yang makin memerah, sakit mata, mual, muntah, dan melihat adanya halo di sekitar sumber cahaya.

     Selain kelainan mata, penglihatan kabur juga bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit, seperti diabetes, gula darah rendah, stroke ringan, aneurisme otak, anemia, migrain, dan penyakit autoimun.

Kalau penglihatanmu kabur setelah mengalami trauma di bagian kepala, segera hubungi dokter. Juga ketiga penglihatan kabur itu disertai gejala seperti pingsan, demam tinggi, gagap, kepala pusing, lumpuh di salah satu sisi tubuh, hilang ingatan, dan penurunan berat badan mendadak, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan diri, ya Ladies.

sumber : vemale.com


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.