Premier League 2015/2016: Pentingnya Langsung Tancap Gas di Awal

Jakarta – Musim baru Premier League akan segera bergulir dan pengalaman dari musim lalu memperlihatkan betapa pentingnya tim pesaing untuk start sebaik mungkin.

Premier League 2015-16 bakal mulai kick off sedari akhir pekan ini. Partai Manchester United versus Tottenham Hotspur menjadi pembuka, Sabtu (8/8/2015), saat mulai bertanding pukul 18.45 WIB. Di hari yang sama ada pula laga juara bertahan Chelsea lawan Swansea City mulai pukul 23.30 WIB.

Selain itu ada juga pertandingan tim posisi tiga musim lalu, Arsenal, yang menghadapi West Ham United, Minggu (9/8). Sedangkan Manchester City, yang musim lalu harus puas finis sebagai runner-up, baru akan tampil dengan menyambangi markas West Bromwich Albion, Selasa (11/8) dinihari WIB (lihat jadwal lengkapnya di sini).

Menyoal awal dari sebuah musim baru, apa yang terjadi musim lalu memperlihatkan seberapa pentingnya start mulus untuk sebuah klub penantang. Hasil dari 10 partai-partai awal musim 2014-15, menariknya, bahkan sudah turut mencerminkan posisi akhir khusus posisi empat besar.

Dalam periode 10 laga awal, Chelsea sang jawara tercatat sebagai yang paling paling oke di posisi empat besar dengan raihan 26 poin berkat 8 kemenangan dan dua hasil seri. Berikutnya secara berturut-turut ada City (20 poin), Arsenal (17 poin), dan MU (13 poin), sebagaimana posisi klasemen akhir di peringkat empat besar pada musim lalu.

Start memang menjadi salah satu elemen yang penting dalam menjaga persaingan di Premier League. Tetapi setelah itu tentu saja elemen lain yang sama pentingnya harus mengikuti: konsistensi.

Hal itu setidaknya terlihat dari Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Southampton, yang sebenarnya melakukan start lebih baik daripada MU tetapi pada akhirnya harus rela tergeser dari posisi empat besar.

Masih dalam periode 10 pertandingan awal Premier League 2014-15, Spurs dan Liverpool tercatat mampu merengkuh 14 poin. Southampton bahkan lebih luar biasa lagi karena mampu menuai 22 poin. Namun, seperti kita tahu, ketiga tim itu akhirnya cuma finis di posisi lima, enam, dan tujuh secara berurutan dalam klasemen akhir musim lalu.

Hasil di 10 laga awal Premier League musim lalu (posisi berdasarkan peringkat tujuh besar klasemen akhir)

1. Chelsea: 8 menang, 2 seri = 26 poin
2. City: 6 menang, 2 seri, 2 kalah = 20 poin
3. Arsenal: 4 menang, 5 seri, 1 kalah = 17 poin
4. MU: 3 menang, 4 seri, 3 kalah = 13 poin

5. Spurs: 4 menang, 2 seri, 4 kalah = 14 poin
6. Liverpool: 4 menang, 2 seri, 4 kalah = 14 poin
7. Southampton: 7 menang, 1 seri, 2 kalah = 22 poin

Kris Fathoni W – detikSport




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *